JudulPROFIL PEMAHAMAN KONSEP PROGRAM LINEAR BERDASARKAN APOS (ACTION, PROCESS, OBJECT, AND SCHEMA) PADA SISWA KELAS XI MA NEGERI I PALU DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA |
Nama: SITI NURAINUNNISA FAKHRIYAH SHABIT HALIK |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi pemahaman konsep program linear berdasarkan APOS (Action, Process, Object, and Schema) pada siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah di kelas XI MA Negeri 1 Kota Palu pada tahun ajaran 2021/2022. Tiga orang siswa yang dipilih sebagai subjek penelitian terdiri dari seorang siswa berkemampuan tinggi, seorang siswa berkemampuan sedang, dan seorang siswa berkemampuan rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mendapatkan data mengenai pemahaman konsep program linear sedangkan teknik wawancara digunakan untuk mendalami pemahaman konsep pada subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pada tahap aksi, semua subjek memenuhi semua indikator; (2) Pada tahap proses, subjek berkemampuan tinggi memenuhi semua indikator. Subjek berkemampuan sedang mampu memenuhi 1 dari 4 indikator pada tahap proses. Namun, subjek berkemampuan rendah belum memenuhi semua indikator; (3) Pada tahap objek, subjek berkemampuan tinggi dan sedang sudah memenuhi semua indikator, namun subjek berkemampuan rendah belum sampai pada tahap objek; (4) Pada tahap skema, subjek berkemampuan tinggi memenuhi semua indikator. Subjek berkemampuan sedang memenuhi 4 dari 5 indikator pada tahap skema. Sedangkan subjek berkemampuan rendah memenuhi 2 dari 5 indikator pada tahap skema |