JudulAnalisis Pemahaman Siswa Terhadap Definisi Limit Fungsi Di SMA Negeri 9 Palu |
Nama: DINNI GONIA ALMA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Dinni Gonia Alma. 2023. “Analisis Pemahaman Siswa terhadap Definisi Limit Fungsi di SMA Negeri 9 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Pathuddin. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi analisis pemahaman siswa terhadap definisi limit fungsi SMA Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri siswa kelas XII MIA 2 yang berjumlah 25 siswa dan mengahsilkan 2 subjek penelitian yang memenuhi kriteria dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Berdasarkan hasil tes tertulis dan hasil wawancara, hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek laki-laki dan perempuan yang mempunyai kategori dalam penelitian. Hasil penellitian ini menunjukkan bahwa (1) subjek laki-laki dengan pemahaman definisi pemahaman pada indikator menujukan bahwa, subjek keliru dalam mendefinisikan definisi konsep dalam tes 1, terjadi kekeliruan dalam menafsir definisi konsep untuk mengenali definisi konsep akan tetapi subjek dapat memecahkan masalah dalam tes 2 dan 3, keliru dalam kemampuan mengenali definisi konsep terkait singnifikat dalam kemampuan pemahaman mereka untuk memecahkan masalah dalam tes 1, kekeliruan subjek untuk mendefinisikan definisi konsep bertindak sebagai faktor dominan yang mengontrol atau mempengaruhi secara dimensi lain dari pemahaman definisi konsep dalam tes 1 belum sepenuhnya mampu dalam pemahaman definisi, (2) subjek dengan pemahaman definisi sedang perempuan pada indikator menujukan bahwa, subjek keliru dalam mendefinisikan definisi konsep dalam tes 1, terjadi kekeliruan dalam menafsir definisi konsep untuk mengenali definisi konsep akan tetapi subjek dapat memecahkan masalah dalam tes 2 dan 3, keliru dalam kemampuan mengenali definisi konsep terkait singnifikat dalam kemampuan pemahaman mereka untuk memecahkan masalah dalam tes 1, kekeliruan subjek untuk mendefinisikan definisi konsep bertindak sebagai faktor dominan yang mengontrol atau mempengaruhi secara dimensi lain dari pemahaman definisi konsep dalam tes 1 belum sepenuhnya mampu dalam pemahaman definisi. Kata Kunci: Analisis, Pemahaman definisi, Limit fungsi |