JudulANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) DI KELAS X SMA NEGERI 9 PALU |
Nama: PUJA AYU LARASATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah di kelas X SMA Negeri 9 Palu pada tahun ajaran 2021/2022 dalam menyelesaikan masalah pada materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan indikator pemahaman konsep. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 3 siswa yang terdiri dari seorang siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Tes digunakan untuk mendapatkan data mengenai pemahaman konsep siswa dalam menyelesaiakan masalah SPLTV sedangkan wawancara digunakan untuk mendalami pemahaman kosep pada subjek. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa : (1) Pada indikator menyatakan kembali konsep subjek berkemampuan matematika tinggi dan sedang berada dalam pengusaan pemahaman konsep yang baik karena dapat menyatakan kembali konsep apa saja yang terdapat dalam SPLTV yang telah dipelajari sebelumnya sehingga dapat menyelesaikan masalah SPLTV, namun untuk subjek berkemampuan rendah belum sepenuhnya dapat menyatakan kembali konsep apa saja yang termuat dalam SPLTV sehingga belum dapat menyelesaikan masalah; (2) Subjek berkemampuan matematika tinggi dan sedang berada dalam pengusaan pemahaman konsep yang baik pada indikator menyajikan kembali konsep dalam bentuk representasi matematis karena dapat menyajikan konsep bentuk aljabar ke dalam model matematika/persamaan bentuk aljabarnya, namun subjek berkemampuan rendah belum dapat melakukannya; (3) subjek berkemampuan tinggi dan sedang berada dalam penguasaan indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur dan operasi tertentu yang baik karena dapat menggunakan metode penyelesaian SPLTV yang tepat sesuai dengan prosedur dan dapat memanfaatkan operasi bentuk aljabar, namun subjek berkemampuan rendah belum dapat melakukannya(4) subjek berkemampuan tinggi dan sedang dapat mengaplikasikan konsep yang termuat dalam SPLTV untuk menyelesaikan masalah, namun subjek berkemampuan rendah belum dapat mengaplikasikan konsep yang termuat dalam SPLTV untuk menyelesaikan masalah. Kata Kunci: Analisis Pemahaman Konsep, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV), Kemampuan Matematika |