JudulANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PALU PADA MATERI HIMPUNAN BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT |
Nama: NI KADEK DEVI SANCINI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ni Kadek Devi Sancini, 2025. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palu Pada Materi Himpunan Berdasarkan Adversity Quotient.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. I Nyoman Murdiana, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Palu Pada Materi Himpunan Berdasarkan Adversity Quotient. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga siswa yang dipilih berdasarkan hasil angket ARP, yaitu satu siswa tipe Quitter, satu siswa tipe Camper, dan satu siswa tipe Climber. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket ARP, tes tertulis dan wawancara. Analisis data menggunakan tiga tahap, yaitu kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa tipe Quitter dalam menyatakan situasi, gambar, diagram atau benda nyata ke dalam bahasa matematik mampu menuliskan informasi apa yang diketahui dan ditanyakan namun tidak menggunakan simbol matematika. (2) siswa tipe Camper dalam menyatakan situasi, gambar, diagram atau benda nyata ke dalam bahasa matematik mampu menuliskan informasi apa yang diketahui dan ditanyakan dengan mengunakan simbol matematik namun simbol yang digunakan kurang lengkap. Dalam menjelaskan ide, situasi dan relasi matematik secara lisan dengan gambar, siswa mampu menggambar dan menjelaskan diagramVenn dengan benar. (3) siswa tipe Climber dalam menyatakan situasi, gambar, diagram atau benda nyata ke dalam bahasa matematik mampu menuliskan informasi apa yang diketahui dan ditanyakan dengan menggunakan simbol dengan lengkap. Dalam menjelaskan ide, situasi dan relasi matematik secara lisan dengan gambar, siswa mampu menggambar dan menjelaskan diagramVenn dengan benar. Dalam memahami ide-ide matematis secara lisan maupun tulisan, siswa mampu menggunakan rumus yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan dan dapat menjelaskan langkah-langkah yang digunakanannya serta melakukan perhitungan dengan benar. Kata kunci: Kemampuan komunikasi matematis, Himpunan, Adversity Quotient |