JudulPROFIL PENYELESAIAN SOAL CERITA PEMBAGIAN PECAHAN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KASIMBAR |
Nama: ANDI MAWADDAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memprofilkan penyelesaian soal cerita pembagian pecahan oleh siswa berdasarkan langkah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa yang diambil dari 29 siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Kasimbar. Subjek penelitian adalah satu siswa berkemampuan matematika tinggi (FTH), satu siswa berkemampuan matematika sedang (NFD), dan satu siswa berkemampuan matematika rendah (MHA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil penyelesaian FTH, NFD, dan MHA dalam menyelesaikan soal cerita pembagian pecahan yaitu : 1) pada indikator memahami masalah adalah mampu menjelaskan dan menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal, tetapi MHA perlu membaca soal beberapa kali untuk memahami masalah, 2) indikator menyusun rencana, FTH, NFD dan MHA menyusun rencana dengan strateginya sendiri, NFD menyusun rencana penyelesaian dengan mengaitkan pengetahuan yang ia peroleh sebelumnya saat mengerjakan soal serupa, 3) pada indikator ketiga, FTH dan NFD melaksanakan rencana penyelesaian sesuai rencananya sedangkan MHA tidak dapat melaksanakan rencana penyelesaian dan memperoleh hasil yang salah, dan 4) pada tahp memeriksa kembali jawaban, FTH memeriksa kembali jawabannya sebelum dikumpulkan dan juga membuat kesimpulan diakhir jawabannya, sehingga FTH memenuhi indikator keempat, sedangkan NFD dan MHA tidak memeriksa kembali jawabannya sebelum dikumpulkan. Kata kunci: Profil, Penyelesaian, Soal Cerita, Pembagian Pecahan |