JudulPROFIL KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BARISAN ARITMETIKA DI KELAS VIII F SMP NEGERI 6 PALU |
Nama: HIRAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh profil kemampuan penalaran siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal barisan aritmetika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan hasil nilai raport matematika semester ganjil. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga orang siswa yang diambil dari 33 siswa kelas VIII F SMP Negeri 6 Palu pada semester genap 2022/2023 yang terdiri dari satu siswa kemampuan tinggi, satu siswa kemampuan sedang, dan satu siswa kemampuan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) subjek kemampuan tinggi dalam menganalisis situasi matematika dengan menuliskan dan menjelaskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, mengerti masalah yang terdapat dalam soal. Merencanakan proses penyelesaian dengan menentukan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan soal, menghubungkan informasi yang terdapat dalam soal. Memecahkan persoalan dengan langkah yang sistematis dengan menerapkan strategi penyelesaian dengan melakukan perhitungan yang benar. Menarik kesimpulan yang logis dengan memberikan alasan yang tepat berdasarkan langkah-langkah penyelesaian dengan tepat. (2) subjek kemampuan sedang dalam menganalisis situasi matematika dengan menuliskan dan menjelaskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, tidak mengerti masalah yang terdapat dalam soal. Merencanakan proses penyelesaian dengan menentukan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan soal, menghubungkan informasi yang terdapat dalam soal. Memecahkan persoalan dengan langkah yang sistematis dengan menerapkan strategi penyelesaian namun melakukan perhitungan yang kurang tepat. Menarik kesimpulan yang logis dengan memberikan alasan namun kurang tepat berdasarkan langkah penyelesaiannya. (3) subjek kemampuan rendah dalam menganalisis situasi matematika menuliskan dan menjelaskan informasi diketahui dan ditanyakan namun kurang lengkap, tidak mengerti masalah yang terdapat dalam soal. Subjek SR merencanakan proses penyelesaian dengan menentukan strategi yang kurang tepat. Subjek SR Memecahkan persoalan dengan langkah yang sistematis tidak dapat menerapkan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan soal dan tidak dapat Menarik kesimpulan yang logis karena tidak dapat menyelesaikan soal yang diberikan. |