JudulAnalisis Kesalahan Hasil Ujian Akhir Semester Matematika Siswa MTs Hi Hayyun Salumpaga Tahun Ajaran 2022/2023 Berdasarkan Prosedur Newman |
Nama: MUTIA A. RAUF |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa pada hasil ujian akhir semester matematika tahun ajaran 2022/2023 berdasarkan Prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini 29 siswa kelas IX B MTs Hi Hayyun Salumpaga. Hasil dari penelitian ini berupa deskripsi kesalahan-kesalahan siswa dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas IX B MTs Hi Hayyun Salumpaga. Berdasarkan hasil penelitian, telah ditemukan kesalahan yang paling dominan adalah kesalahan proses dengan presentase 77%, kesalahan transformasi dengan presentase 82%, kesalahan memahami masalah dengan presentase 75%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir dengan presentase 72%. Adapun kesalahan yang dilakukan pada (1) kesalahan memahami masalah ialah dimana siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, (2) kesalahan transformasi yang terjadi yaitu siswa salah dalam memahami makna atau konsep yang akan digunakan, (3) kesalahan proses yang dilakukan ialah tidak dapat menjalankan proses dengan benar dan kurang teliti. (4) kesalahan penulisan jawaban akhir yaitu siswa salah dalam menuliskan jawaban akhir dan memperoleh jawaban yang tidak tepat. Kata kunci : Analisis kesalahan, Prosedur Newman. |