JudulAnalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan Dan Deret Aritmetika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert Di SMPN 2 Lembo |
Nama: WIWIK ANDRIANI TUMONGKA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kemampuan pemecahan masalah siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmetika di kelas VIII SMPN 2 Lembo menggunakan langkah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa yang diambil dari 25 siswa di kelas VIII SMPN 2 Lembo. Subjek penelitian adalah satu siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert untuk tingkatan sangat tinggi (VKL), satu siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert untuk tingkatan rendah (AGT), satu siswa dengan tipe kepribadian introvert untuk tingkatan sangat tinggi (PJL), satu siswa dengan tipe kepribadian introvert untuk tingkatan rendah (JFCT). Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis kemampuan pemecahan masalah siswa ekstrovert dan introvert dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret aritmetika yaitu : 1) pada indikator memahami masalah siswa berkemampuan sangat tinggi ekstrovert VKL dan introvert PJL mampu menjelaskan dan menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal, tetapi siswa berkemampuan rendah ekstrovert AGT dan introvert JFCT perlu membaca soal beberapa kali untuk memahami masalah, 2) indikator menyusun rencana siswa berkemampuan sangat tinggi ekstrovert VKL dan introvert PJL mampu menyusun rencana dengan menggunakan informasi yang ia peroleh, tetapi siswa berkemampuan rendah ekstrovert AGT dan introvert JFCT tidak mengetahui rumus yang akan digunakan pada soal cerita dan dalam membuat rencana tidak dapat mengaitkannya dan menyelesaikan antara yang diketahui dan ditanyakan sehingga tidak bisa memilih strategi yang sesuai dengan permasalahan, 3) pada indikator ketiga, siswa kemampuan sangat tinggi ektrovert VKL dan introvert PJL mampu melaksanakan rencana penyelesaian dengan tepat dan siswa introvert PJL sangat teliti dalam menyelesaikan rencana penyelesaian, sedangkan siswa berkemampuan rendah ekstrovert AGT dan introvert JFCT tidak dapat menyelesaikan soal yang diberikan secara tepat. 4) pada tahap memeriksa kembali jawaban, ekstrovert VKL, introvert PJL, dan introvert JFCT memeriksa kembali jawaban sebelum dikumpulkan, tetapi siswa ektrovert AGT tidak memeriksa kembali jawabannya sebelum dikumpulkan. Kata kunci: Analisis, Pemecahan masalah, Soal cerita, Barisan dan Deret Aritmetika, Kepribadian, Ekstrovert, Introvert. |