JudulANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HOTS PADA MATERI KESEBANGUNAN BANGUN DATAR KELAS IX SMP NEGERI 16 PALU |
Nama: I GEDE ADI PRAYOGA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS pada materi kesebangunan bangun datar kelas IX SMP Negeri 16 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa. Data dikumpulkan melalui tes soal tertulis, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kesalahan siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi adalah; a) kesalahan konsep: cukup memahami konsep materi, b) kesalahan prinsip: tidak mengetahui prinsip materi, tidak memahami prinsip materi prasyarat, kekeliruan subjek dalam menggunakan rumus, c) kesalahan keterampilan (prosedur): cukup menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, penggunaan symbol yang tidak tepat, tidak hirarkinya langkah-langkah pengerjaan jawaban. (2) siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang, kesalahan yang dilakukan siswa adalah; a) kesalahan konsep: memahami konsep materi, b) kesalahan prinsip: mengetahui prinsip materi, tidak memahami prinsip materi prasyarat. c) kesalahan keterampilan (prosedur): cukup menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, kekeliruan penggunan symbol, tidak hirarkinya langkah-langkah pengerjaan jawaban. (3) siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah, kesalahan yang dilakukan siswa adalah; a) kesalahan konsep: tidak memahami konsep materi, b) kesalahan prinsip: tidak mengetahui prinsip materi dan materi prasyarat, c) kesalahan keterampilan (prosedur): cukup menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan serta terdapat kesalahan sistem operasi. |