| JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH POLA BILANGAN SISWA KELAS VIII SMPN 4 MORI UTARA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR |
| Nama: ANGEL GRATIA SINAPA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah pola bilangan siswa kelas VIII SMPN 4 Mori Utara ditinjau dari gaya belajar. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga orang siswa kelas VIII SMPN 1 Mori Utara pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Data tentang gaya belajar siswa diperoleh dengan memberikan angket gaya belajar, sedangkan data tentang pemecahan masalah matematika siswa diperoleh dengan tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil pemecahan masalah subjek dengan gaya belajar visual yaitu BPS dapat memahami masalah dengan menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal secara rapi dan teratur, dapat membuat rencana pemecahan masalah mennggunakan inormasi yang ada, dapat melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan rencana yang dibuat, dan memeriksa kembali jawabannya. (2) Profil pemecahan masalah subjek dengan gaya belajar auditori yaitu NSL dapat memahami masalah dengan membaca berulang kali dalam hati ditandai dengan gerakan bibirnya lalu menuliskan dan menyebutkan hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal, tidak dapat membuat rencana pemecahan masalah, tidak melakuan pemecahan masalah dan tidak melakukan pemeriksaan kembali. (3) Profil pemecahan masalah subjek dengan gaya belajar kinestetik yaitu RAR dapat memahami masalah dengan membaca setiap kalimat dengan pulpen sebagai penunjuk, dapat membuat rencana pemecahan masalah dengan menggunakan informasi dan pengetahuannya mengenai materi pola bilangan, dapat melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan baik sesuai rencana yang dibuat, dan memeriksa kembali jawabannya. Kata kunci: Profil, Pemecahan Masalah, Pola Bilangan, Gaya Belajar. |