Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PANJANG BUSUR DAN LUAS JURING BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Nama: ELISABET LINDA MARIANA KAYAN
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita panjang busur dan luas juring berdasarkan prosedur Newman ditinjau dari gaya kognitif pada siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 26 siswa. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan tes GEFT dimana subjek yang memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent masing?masing berjumlah satu siswa. Analisis data menggunakan menggunakan prosedur newman untuk mengidentifikasi jenis kesalahan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes GEFT, tes tertulis, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Analisis kesalahan siswa kelas IX SMP Negeri 5 Palu dalam menyelesaikan soal cerita panjang busur dan juring berdasarkan prosedur Newman ditinjau dari gaya kognitif, menunjukkan bahwa siswa FI dan FD sama?sama tidak melakukan kesalahan dalam tahap membaca dan memahami soal. Namun, siswa FI cenderung lebih teliti dalam tahap transformasi dan keterampilan proses, meskipun mengalami kesulitan pada penulisan akhir karena faktor waktu. Sementara siswa FD mengalami kesalahan dalam transformasi dan keterampilan proses, terutama dalam memasukkan nilai jari-jari yang tidak tepat kedalam rumus, serta kesalahan dalam penulisan akhir. Gaya kognitif berpengaruh pada jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Siswa dengan gaya kognitif field independent lebih mampu menyelesaikan soal secara mandiri, sementara siswa dengan gaya kognitif field dependent membutuhkan lebih banyak bimbingan. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Gaya Kognitif, Prosedur Newman

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up