Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfill Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII A Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmetika Sosial Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Di MTs Al-Muhajirin Palu
Nama: SITI MUBARANI
Tahun: 2022
Abstrak
Siti Mubarani, 2022. Profil Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII A dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmetika Sosial Ditinjau dari Kemampuan Matematika di MTs Al-Muhajirin Palu. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Maxinus Djaeng. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil pemecahan masalah siswa kelas VII A dalam menyelesaikan soal cerita aritmetika sosial ditinjau dari kemampuan matematika di MTs Al-Muhajirin Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang didasarkan pada langkah pemecahan yang dikemukakan oleh Polya, subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa yang memiliki tingkat kemampuan matematika yang berbeda yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek ARP yang berkemampuan matematika tinggi, subjek NI yang berkemampuan matematika sedang, dan subjek DL yang berkemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah aritmetika sosial adalah sebagai berikut: (1) tahap memahami masalah subjek memahami masalah dengan melakukan pembacaan masalah secara berulang, subjek mengidentifikasi informasi yang ada seperti apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal dengan benar berdasarkan kalimat pernyataan dan kalimat pertanyaan, (2) tahap membuat rencana pemecahan masalah subjek ARP memiliki rencana pemecahan masalah yang baik dan tepat, subjek NI memiliki rencana pemecahan masalah yang baik pada nomor 1 namun, untuk nomor 2 subjek memilih rencana pemecahan masalah yang kurang tepat sedangkan, subjek DL memiliki rencana pemecahan masalah yang kurang tepat pada nomor 1 dan 2, (3) tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah pada tahap ini subjek ARP melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan yang telah direncanakan, subjek menuliskan rumus yang akan digunakan terlebih dahulu dan mensubstitusikan nilai?nilai yang diketahui pada soal kedalam rumus yang akan digunakan dan subjek melaksanakan proses penyelesaian dengan teliti dan memperoleh penyelesaian yang tepat, subjek NI melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan yang telah direncanakan, subjek memperoleh penyelesaian yang tepat pada nomor 1 namun, untuk nomor 2 subjek memperoleh penyelesaian yang kurang tepat sedangkan, subjek DL melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan yang telah direncanakan namun memperoleh penyelesaian yang kurang tepat karena, telah memilih strategi pemecahan masalah yang kurang tepat terlebih dahulu, (4) tahap memeriksa kembali hasil pekerjaan pada tahap ini subjek ARP melakukan pemeriksaan kembali hasil pekerjaan dengan cara menguji dan melakukan perhitungan kembali terhadap hasil pekerjaan yang telah diperoleh sedangkan, subjek NI dan subjek DL tidak melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pekerjaannya. Kata Kunci: Profil pemecahan masalah, soal cerita aritmetika sosial, kemampuan matematika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up