JudulProfil Penyelesaian Soal Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pamona Utara Ditinjau Dari Kemampuan Matematika |
Nama: CHARLIE ALVA BASOMPE |
Tahun: 2025 |
Abstrak Charlie Alva Basompe, 2025. “Profil Penyelesaian Soal Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pamona Utara Ditinjau dari Kemampuan Matematika”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Alfisyahra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyelesaian soal fungsi komposisi dan fungsi invers menggunakan tahapan Polya berdasarkan kemampuan matematika siswa di SMA Negeri 1 Pamona Utara. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan penyelesaian soal berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa. (1) siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu mengidentifikasi informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan tepat, menilai kecukupan informasi untuk menyelesaikan soal, serta memahami keterkaitan antar informasi. Mereka juga dapat menemukan informasi tambahan yang diperlukan, menggunakan seluruh informasi penting, serta menyusun rencana penyelesaian secara sistematis. Selain itu, mereka terampil dalam menjawab dengan tepat dan mampu memverifikasi solusi dengan mengidentifikasi kesalahan. (2) siswa dengan kemampuan sedang memiliki keterampilan serupa dalam memahami informasi soal dan merencanakan penyelesaian. Namun, dalam materi fungsi invers, mereka belum dapat menggunakan langkah-langkah secara sistematis dan kurang terampil dalam menjawab dengan tepat. (3) siswa dengan kemampuan rendah mampu mengidentifikasi informasi yang diketahui dan keterkaitannya tetapi belum dapat merancang strategi penyelesaian soal dengan baik. Mereka masih mengalami kesulitan dalam menentukan langkah-langkah yang sistematis untuk mencapai jawaban yang benar. Kata Kunci: Profil Penyelesaian Soal, Kemampuan Matematika, Fungsi Komposisi, Fungsi Invers, Polya |