JudulProfil Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 19 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual Dan Auditorial |
Nama: SITI MAYSARAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Siti Maysarah, 2021. “Profil Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 19 Palu dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual dan Auditorial”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Bakri M. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran tentang literasi matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 19 Palu pada materi statistika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 19 Palu yang memiliki gaya belajar visual dengan inisial ID dan auditorial dengan inisial FR. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual (ID) dalam menyelesaikan soal statistika yaitu: (1) ID mengidentifikasi setiap informasi yang diketahui dan ditanyakan dalam soal; (2) ID menuliskan data-data yang diketahui dengan menggunakan simbol dan menuliskan rata-rata dalam bentuk kalimat verbal; (3) ID menggunakan rumus rata-rata atau mean dan mensubtitusi data yang sesuai; (4) ID menuliskan kesimpulan dengan benar. Kemudian, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar auditorial (FR) dalam menyelesaikan soal statistika yaitu: (1) FR mengidentifikasi setiap informasi yang diketahui dan ditanyakan dalam soal; (2) FR menuliskan data-data yang diketahui dan rata-rata dalam bentuk kalimat verbal; (3) FR menggunakan rumus rata-rata atau mean dan mensubtitusi data yang sesuai; (4) FR menuliskan kesimpulan dengan benar. Kata Kunci : Literasi Matematika, Gaya Belajar, Statistika |