Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Luas Dan Keliling Persegi Panjang Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa MTs Negeri 2 Kota Palu
Nama: SISKA ANGGRAENI
Tahun: 2022
Abstrak
Siska Anggraeni, 2022. “Profil kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita luas dan keliling persegi panjang ditinjau dari kemampuan matematika siswa MTs Negeri 2 Kota Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Metematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Bakri M. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita luas dan keliling persegi panjang ditinjau dari kemampuan matematika siswa MTs Negeri 2 Kota Palu. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII A MTs Negeri 2 Kota Palu yang masing- masing memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terkait representasi matematis bentuk simbol siswa dengan kategori kemampuan matematika tinggi (AR) dan siswa dengan kategori kemampuan matematika sedang (MA) sudah bisa membuat simbol aljabar, operasi matematika, dan menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis. Namun, siswa kategori kemampuan rendah (DI) untuk representasi simbol hanya mampu menggunakan operasi matematika dalam penyelesaian masalahnya. (2) Dalam bentuk visual, siswa kategori kamampuan matematika tinggi (AR) sudah mampu menyajikan kembali data atau informasi dari suatu representasi ke representasi gambar untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaian. Sedangkan untuk siswa kategori kemampuan sedang (MA) dan siswa kategori kemampuan rendah (DI) belum mampu membuat representasi visual dalam menyelesaikan masalahnya. (3) Secara verbal, siswa kategori kemampuan tinggi (AR) dan siswa kategori kemampuan sedang (MA) dapat menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata dan menjawab soal dengan menggunakan teks tertulis maupun diucapkan kembali. Namun, siswa kategori kemampuan rendah (DI) untuk representasi verbal masih kurang, siswa jarang menggunakan dan memperjelas penyelesaian dengan kata-kata. Kata kunci: Profil, Representasi Matematis, Persegi Panjang

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up