JudulPROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PALU DALAM PEMECAHAN MASALAH POLA BILANGAN |
Nama: IRMAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil berpikir kritis siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Palu dalam memecahkan masalah Pola Bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas VIII A yang terdiri dari satu orang siswa berkemampuan tinggi, satu orang siswa berkemampuan sedang dan satu orang siswa berkemampuan rendah. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan profil berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palu dalam memecahkan masalah pola bilangan, peneliti menarik kesimpulan bahwa, profil berpikir kritis siswa yang tinggi memenuhi kriteria berpikir kritis FRISCO. Pada focus yaitu siswa mampu mengidentifikasi informasi dan permasalahan pada soal, pada reason yaitu siswa memberikan alasan alasan yang logis, pada inference yaitu siswa menarik kesimpulan yang cocok dengan permasalahan namun tidak selalu disertai dengan alasan yang logis, pada situation yaitu siswa menggunakan semua informasi-informasi yang ada sesuai pada permasalahan, pada clarity yaitu siswa mampu mejelaskan istilah-istilah atau simbol yang digunakan dalam memecahkan masalah dan pada overview yaitu siswa memeriksa kembali secara menyeluruh langkah-langkah pengerjaan hingga jawaban akhir, profi berpikir kritis siswa yang sedang tidak memenuhi keseluruhan kriteria berpikir kritis FRISCO, siswa hanya memenuhi focus, reason, inference, situation dan overview. Pada focus yaitu siswa mampu mengidentifikasi informasi dan permasalahan pada soal, pada reason yaitu siswa memberikan alasan alasan yang logis namun cenderung singkat, pada inference yaitu siswa menarik kesimpulan yang cocok dengan permasalahan namun tidak menuliskan pada lembar jawaban, pada situation yaitu siswa menggunakan semua informasi-informasi yang ada sesuai pada permasalahan, dan pada overview yaitu siswa memeriksa kembali secara menyeluruh langkah-langkah pengerjaan hingga jawaban akhir, profi berpikir kritis siswa yang rendah tidak memenuhi keseluruhan kriteria berpikir kritis FRISCO. |