JudulPENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTs.N 4 KOTA PALU |
Nama: REFMA GAYATRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs.N 4 Kota Palu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B berjumlah 30 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II ditandai dengan bertambahnya siswa yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan. Pada siklus I sebesar 16,67% atau sebanyak 5 siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus II terjadi peningkatan siswa yang mencapai ketuntasan minimal sebesar 73,33% atau sebanyak 22 siswa. Hasil observasi aktivitas guru berada pada kategori baik dengan nilai siklus I sebesar 80?n mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai 84,83%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan fase-fase yaitu 1) Orientasi siswa pada masalah, 2) Mengorganisasikan siswa untuk belajar, 3) Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan 5) Menaganlisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, bangun ruang sisi datar |