Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPofil Kemampuan Spasial Siswa SMPN 19 Palu Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Balok
Nama: ICHRASUL
Tahun: 2022
Abstrak
Ichrasul. 2022. Profil kemampuan spasial SMP Negeri 19 Palu Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Balok. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Nurhayadi, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kemampuan spasial SMP Negeri 19 Palu dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan kemampuan matematika. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 siswa yang diambil dari 32 siswa yaitu satu siswa dengan kemampuan matematika tinggi, satu siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan satu siswa dengan kemampuan matematika rendah. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Subjek dengan kemampuan matematika tinggi mencapai empat indikator yaitu yang pertama mampu menyatakan bentuk atau ukuran yang sebenarnya dari suatu tampilan dimensi tiga, yang kedua mampu menyatakan bentuk atau posisi suatu bangun ruang, yang ketiga mampu menyatakan hubungan unsur-unsur dalam dimensi 3 (hubungan garis, bidang, dan titik), dan yang keempat mampu menyatakan bentuk suatu objek pada perspektif dan situasi tertentu. (2) Subjek dengan kemampuan matematika sedang mampu mencapai tiga indikator pertama mampu menyatakan bentuk atau ukuran yang sebenarnya dari suatu tampilan dimensi tiga, namun pada indikator yang kedua tidak mampu dengan baik menyatakan bentuk atau posisi suatu bangun ruang, yang ketiga mampu menyatakan hubungan unsur-unsur dalam dimensi 3 (hubungan garis, bidang, dan titik), dan yang keempat mampu menyatakan bentuk suatu objek pada perspektif dan situasi tertentu. (3) Subjek dengan kemampuan matematika rendah tidak dapat mencapai ke empat indikator kemampuan spasial. Siswa dengan kategori kemampuan matematika rendah belum dapat membayangkan bentuk dari suatu balok, namun hanya dapat menyatakan beberapa informasi pada soal yang diberikan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up