JudulPENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 TINOMBO |
Nama: NINING KHAIRUNNISA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kecerdasan emsoional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri Tinombo; (2) pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tinombo; (3) pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan logis matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tinombo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tinombo tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 85 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel yang diperoleh adalah 45 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket kecerdasan emsosional, tes kecerdasan logis matematis dan dokumentasi nilai akhir semester. Metode analisis data yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan emosional di SMA Negeri 1 Tinombo memiliki pengaruh yang signifikansi dan positif terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai thitung 2,549 > ttabel 2,018 dengan signifikansi 0,015 < 0> ttabel 2,018 dengan signifikansi 0,000 < 0> Ftabel 3,22 tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Adapun bentuk persamaan regresi adalah Y=53,183+0,243X1+0,914X2. Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan logis matematis terhadap prestasi belajar matematika secara simultan adalah pengaruh yang positif. Besarnya pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan logis matematis terhadap prestasi belajar matematika secara simultan adalah sebesar 65,20%. |