Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 20 PALU
Nama: HASNITA I LABANGSA
Tahun: 2021
Abstrak
Hasnita I Labangsa. 2021. Hubungan antara Perhatian Orang Tua dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: Drs. Ibnu Hadjar, M.Si. Anak akan cenderung rajin dan lebih bersungguh-sungguh dalam belajar apabila diperhatikan oleh orang tuanya. Sehingga dapat dikatakan bahwa keberhasilan dalam belajar disebabkan oleh perhatian yang diberikan oleh orang tua terhadap proses pendidikan anaknya. Karena, orang tua merupakan lingkungan pertama, utama dan yang paling dekat dengan anak. Maka disinilah peran orang tua dibutuhkan dalam membimbing, mengarahkan, dan mendidik anak di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar perhatian orang tua siswa di kelas IX SMP Negeri 20 Palu dan melihat apakah ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 20 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 20 Palu yang berjumlah 154 siswa. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, jumlah siswa yang menjadi sampel sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket perhatian orang tua dan dokumentasi prestasi belajar matematika dari nilai rapor siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata variabel perhatian orang tua sebesar 69,73 (skala 25 – 100) masuk dalam kriteria cukup perhatian. Rata-rata variabel prestasi belajar matematika siswa adalah sebesar 81,77 (skala 0 – 100) dalam kriteria tinggi. Selanjutnya hasil analisis data menggunakan uji korelasi product moment diperoleh nilai korelasi r = 0,402 dan nilai signifikansi (sig(2-tailed)) sebesar 0,001. Nilai rtabel = 0,2542 untuk N = 60 dengan taraf signifikansi 5% menggunakan uji dua pihak. Nilai rhitung (0,402) > rtabel (0,2542) dan nilai signifikansi (sig(2-tailed)) < 0,05 maka diputuskan menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis awal (H0). Artinya, terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 20 Palu. Kata kunci: Perhatian Orang Tua dan Prestasi Belajar Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up