JudulAnalisis Kesalahan Siswa Kelas VII MTs DDI Boyantongo Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Pecahan |
Nama: AWALIYAH RAMADHANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Awaliyah Ramadhani, 2022. ”Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII MTs DDI Boyantongo dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Pecahan”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ibnu Hadjar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memperoleh jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII MTs DDI Boyantongo dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan pecahan. (2) untuk memperoleh faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VII MTs DDI Boyantongo dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Peneliti menggunakan triangulasi teknik untuk menguji kredibilitas data. Subjek dalam penelitian dipilih dengan kriteria (1) memperhatikan siswa yang banayak melakukan kesalahan dalam menjawab tes pada instrumen penelitian, (2) memperhatikan kesalahan atau variasi kesalahan yang dilakukan siswa, (3) kemampuan siswa untuk berkomunikasi, (3) kesediaan siswa untuk menjadi subjek dan (5) pertimbangan dari guru . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dilihat dari objek matematikanya yaitu kesalahan konsep, kesalahan fakta, kesalahan prinsip dan kesalahan prosedural. Kesalahan konsep yang dilakukan siswa yaitu (1) kesalahan dalam memahami konsep operasi hitung bilangan pecahan baik itu penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. (2) kesalahan dalam memahami bentuk pecahan. Kesalahan fakta yang dilakukan siswa yaitu kesalahan mengubah tanda operasi pengurangan menjadi perkalian. Kesalahan prinsip yang dilakukan siswa yaitu kesalahan melakukan sifat komutatif pada pengurangan bilangan bulat. Dan kesalahan prosedural yang dilakukan siswa yaitu (1) kesalahan operasi hitung. (2) kesalahan prosedur tidak lengkap dan (3) kesalalahan mengerjakan sembarang. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan pecahan yaitu siswa tidak memahami konsep bilangan pecahan, siswa tidak memahami konsep operasi hitung bilangan bulat serta bilangan pecahan dan siswa tidak memahami sifat dari operasi hitung. Siswa malas untuk belajar walaupun sudah diminta belajar oleh orang tuanya, siswa cepat lupa dengan materi yang diberikan, siswa tidak tau cara menyederhanakan pecahan dan guru hanya memberikan pembelajaran dengan metode ceramah. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Operasi Hitung, Bilangan Pecahan |