JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Garis Dan Sudut Di Kelas VII MTS Negeri 4 Kota Palu |
Nama: FEBRYANTI NGGARIWO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi garis dan sudut di MTs Negeri 4 Kota Palu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIe MTs Negeri 4 Kota Palu dengan jumlah 21 orang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengmpulan data yaitu berupa tes, observasi, catatan lapangan dan wawancara. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada tiap siklus ang mengikuti langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian: (1) hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 79,41?ngan kriteria baik dan pada siklus II mencapai 94,11?ngan kriteria sangat baik. Sedangkan observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 73,52?ngan kriteria baik dan pada siklus II mencapai 85,29?ngan kriteria sangat baik. (2) presentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 55?n siklus II mencapai 75?ngan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut di kelas VIIe MTs Negeri 4 Kota Palu dengan menerapkan fase-fase berikut: (1) Penyajian kelas, (2) transisi ke tim/belajar kelompok, (3) tim studi dan monitoring, (4) evaluasi/tes, (5) memberikan penghargaan. |