JudulPenerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs.N 4 Kota Palu |
Nama: RISNA DWIYANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang sisi kelas VIII MTs.N 4 Kota Palu. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs.N 4 Kota Palu yang berjumlah 32 orang dan dipilih 3 siswa sebagai informan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang mengikuti fase - fase model pembelajaran berbasis masalah yaitu (1) orientasi siswa pada masalah, (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) membantu penyelidikan individual maupun kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Dengan memaduka strategi pembelajaran berdiferensiasi pada fase mengorganisasikan siswa untuk belajar dan fase membimbing penyelidikan secara individual maupun kelompok. Pada fase ini mengorganisasikan siswa untuk belajar guru mengelompokkan siswa berdasarkan pemetaan akademik yaitu (1) kelompok mahir, (2) kelompok berkembang, (3) kelompok belum berkembang. Pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas yakni 11 siswa dengan presentase ketuntasan 39,3?n pada siklus II banyaknya siswa yang tuntas yakni 21 siswa dengan presentase ketuntasan 75%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs.N 4 Kota Palu. Kata kunci: model PBL, strategi Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar |