JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII MTs NEGERI 4 KOTA PALU |
Nama: TUTI ALAWIA KUSUMAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Double Loop Problem Solving (DLPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan kelas VII MTs Negeri 4 Kota Palu. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II ditandai dengan bertambahnya siswa yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan. Pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas yakni 8 siswa dengan presentase ketuntasan 42,10?n pada siklus II banyak siswa yang tuntas yakni 11 siswa dengan presentase ketuntasan 73,33%. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Double Loop Problem Solving (DLPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan fase-fase yaitu (1) Orientasi siswa pada masalah, (2) Mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Double Loop Problem Solving (DLPS), Hasil Belajar, Perbandingan |