JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PALU PADA SOAL CERITA PECAHAN DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA |
Nama: UMAR MALIK SUYANTO |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran tentang pemecahan masalah pecahan ditinjau dari kemampuan matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palu. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa subjek yang mempunyai kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah Pecahan adalah sebagai berikut: (1) tahap memahami masalah subjek berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah membaca masalah berulang, menyebutkan informasi yang diketahui berdasarkan kalimat pernyataan dan informasi yang ditanyakan berdasarkan kalimat perintah atau pertanyaan dari masalah dengan tepat. (2) tahap menyusun rencana pemecahan masalah subjek berkemampuan tinggi dan sedang dalam membuat rencana pemecahan masalah yaitu menyebutkan informasi yang ditanyakan untuk membuat model matematika dalam bentuk penkalian dan pembagian pecahan berdasarkan yang diketahui dengan tepat, sedangkan subjek berkemampuan rendah tidak dapat membuat rencana pemecahan masalah. (3) tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek berkemampuan tinggi dan sedang melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya dengan tepat, sedangkan subjek berkemampuan rendah tidak dapat melaksanakan rencana pemecahan masalah. (4) tahap memeriksa kembali hasil pemecahan subjek berkemampuan tinggi dan sedang dapat menuliskan cara pengecekan jawaban, kemudian ketika di wawancara oleh peneliti, subjek berkemampuan tinggi dan sedang mampu memeriksa kembali jawaban yang sudah dituliskan. Sedangkan subjek berkemampuan rendah tidak dapat memeriksa kembali jawabanya. Kata kunci: Profil Pemecahan Masalah, Masalah Pecahan, Tahapan Polya Kemampuan Matematika |