Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran PBL Dengan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Pecahan Siswa SMP Negeri 1 Bambalamotu
Nama: SINTA WAHLAN
Tahun: 2023
Abstrak
Sinta Wahlan. 2023. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar materi operasi pecahan siswa SMP Negeri 1 Bambalamotu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Muh. Rizal, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model PBL dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar materi operasi pecahan siswa SMP Negeri 1 Bambalamotu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 bambalamotu dengan jumlah 27 orang dan dipilih 3 siswa sebagai informan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada tiap siklus yang mengikuti langkah-langkah pembelajran PBL dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada fase mengorganisasikan siswa untuk belajar dan fase membimbing penyelidikan secara individual maupun kelompok. Pada fase mengorganisasikan siswa untuk belajar guru mengelompokkan siswa berdasarkan pemetaan akademik yaitu (1) kelompok numerasi cakap, siswa numerasi cakap diberikan bahan ajar yang sederhana, (2) kelompok numerasi dasar, siswa numerasi dasar diberikan bahan ajar yang lebih menekankan pada penjumlahan pecahan tak senama dan (3) kelompok perlu intervensi khusus, siswa diberikan bahan ajar yang menekankan pada penjumlahan pecahan tak senama maupun senama. Sedangkan pada fase membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, guru membimbing tiap kelompok dengan perlakuan yang berbeda-beda yaitu (1) kelompok numerasi cakap, guru memberikan kebebasan untuk mencari informasi secara mandiri karena dianggap telah mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan tanpa bimbingan dari guru, (2) kelompok numerasi dasar, tidak membutuhkan bimbingan dari guru karena cukup mampu dalam memahami bahan ajar yang diberikan dan (3) kelompok perlu intervensi khusus, guru membimbing langsung untuk mengarahkan siswa perlu intervensi khusus dalam mencari informasi. Pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas yakni 14 siswa dengan presentase ketuntasan 51,85?n pada siklus II banyak siswa yang tuntas yakni 21 siswa dengan presentase ketuntasan 77,77%. Hasil observasi aktivitas guru berada pada kategori baik dengan nilai siklus I sebesar 84?n mengalami peningkatan pada siklus II yakni 88%. Hasil obsservasi pada siklus I siswa numerasi cakap diperoleh nilai yakni 83%, siswa numerasi dasar yakni 80?n siswa perlu intervensi khusu yakni 72% pada siklus II mengalami peningkatan yakni siswa numerasi cakap memperoleh 92%, siswa numerasi dasar 88?n siswa perlu intervensi khusus 80%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajara materi operasi pecahan siswa SMP Negeri 1 Bambalamotu. Kata kunci: Model PBL Strtegi Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Operasi Pecahan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up