Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Penerapan Model Problem Based Learing Berbantuan Video Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Negeri 13 Palu
Nama: ANASTASIYA SALSABILLA PUTRI
Tahun: 2023
Abstrak
Anastasiya Salsabilla Putri (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Negeri 13 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muh. Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang Efektivitas model Problem Based Learning berbantuan video pada materi bangun ruang sisi lengkung tabung kelas XI SMP Negeri 13 Palu. Penelitian ini merupakan kuantitatif eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan One Shot Case Study. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling, siswa kelas IX B sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan video. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes untuk mengukur keefektivan model Problem Based Learning berbantuan video berupa tes uraian singkat. Data hasil belajar menggunakan analisis statistic uji-t menggunakan SPSS 16. Kriteria pengujian satu pihak dengan dk=n-1 dan taraf signifikansi ? = 0,05 yaitu t_hitung=5,797>t_tabel=1,729 sehingga hipotesis nol (H_0) ditolak dan hipotesis alternatif (H_1 ) diterima, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan video efektif pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX B SMP Negeri 13 Palu, karena rata-rata nilai KKM lebih besar atau sama dengan 75. Kata kunci: Efektivitas, Model Problem Based Learning, Media video.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up