JudulAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Permutasi Dan Kombinasi Di SMAN Model Terpadu Madani Palu |
Nama: MUH NURSISTO N. UMAR |
Tahun: 2022 |
Abstrak Muh Nursisto N. Umar. 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Permutasi dan Kombinasi di SMAN Model Terpadu Madani Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dasa Ismaimuza. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa di SMAN Model Terpadu Madani Palu dalam menyelesaikan masalah permutasi dan kombinasi. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang yaitu siswa AF dan siswa MF. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah permutasi dan kombinasi ada dua yaitu kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Masing masing kesalahan mempunyai indikator kesalahan. Indikator kesalahan konseptual dalam penelitian ini yakni (1) kesalahan siswa masih sering tertukar dalam menggunakan rumus permutasi atau kombinasi, (2) kesalahan dalam menafsirkan konsep yang terdapat pada masalah permutasi dan kombinasi, sedangkan indikator kesalahan prosedural dalam penelitian ini yaitu (1) tidak teliti atau cermat dalam melakukan perhitungan menggunakan rumus permutasi dan kombinasi, (2) salah dalam menuliskan langkah- langkah penyelesaian masalah permutasi dan kombinasi, (3) salah dalam operasi hitung. Kesalahan yang dilakukan oleh siswa AF yaitu: (1) subjek masih kesulitan dalam membedakan yang mana merupakan masalah kombinasi dan mana masalah permutasi, ini merupakan kesalahan konseptual, (2) subjek keliru dalam melakukan operasi perkalian bilangan faktorial, ini disebabkan karena siswa kurang teliti dalam mengerjakan masalah, dalam hal ini merupakan kesalahan prosedural. Kemudian kesalahan yang dilakukan siswa MF yaitu: (1) siswa tidak menulis dengan lengkap apa yang diketahui karena sudah terbiasa dalam mengerjakan masalah permutasi dan kombinasi, tetapi jawaban hasil tes yang diberikan benar (kesalahan prosedural), (2) siswa tidak menuliskan apa yang ditanyakan pada masalah dengan alasan agar cepat dalam menyelesaikan masalah tersebut. Pada siswa MF tidak ditemukan kesalahan konseptual dalam menyelesaikan masalah permutasi dan kombinasi dalam penelitian ini. Kata kunci: Analisis kesalahan, kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, permutasi dan kombinasi. |