JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME TABUNG KELAS IX B SISWA SMP NEGERI 1 LORE TENGAH |
Nama: DHEVID DHIFKY REONALD SOMPO |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah luas permukaan dan volume tabung siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Lore Tengah yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang didasarkan pada langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak tiga siswa yaitu siswa berkemampuan matematika tinggi (DW), siswa berkemampuan matematika sedang (RP), dan siswa berkemampuan matematika rendah (MS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemecahan masalah luas permukaan dan volume tabung subjek DW, subjek RP, dan subjek MS adalah sebagai berikut: (1) Tahap memahami masalah, subjek DW dan RP melakukan pembacaan soal secara berulang untuk memahami masalah yang diberikan, subjek DW dan RP dapat menyebutkan dan menuliskan hal-hal yang diketahui dan yang ditanyakan dari masalah dengan lengkap. Sedangkan subjek MS walaupun membaca soal berulang-ulang tetapi subjek tidak memahami masalah yang diberikan. MS menyebutkan informasi-informasi yang ada pada soal tetapi tidak lengkap; (2) Tahap membuat rencana pemecahan masalah, subjek DW dan RP memiliki strategi yang jelas dalam merencanakan penyelesaian, sedangkan subjek MS tidak memiliki satupun rencana pemecahan masalah; (3) Tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek DW melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dangan rencana yang telah direncanakan dan memperoleh penyelesaian yang tepat, dan subjek RP melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan rencana yang telah telah direncanakan tetapi tidak memperoleh penyelesaian yang tepat sedangkan subjek MS tidak dapat melaksanakan rencana pemecahan masalah; (4) Tahap memeriksa kembali jawaban, subjek DW memeriksa kembali jawaban dengan memeriksa kembali langkah-langkah penyelesaian dan melakukan perhitungan ulang, sedangkan subjek RP dan MS tidak melakukan pemeriksaan kembali jawaban. Kata Kunci : Profil Pemecahan Masalah, Luas Permukaan, Volume, Tahapan Polya |