JudulPROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII A SMP GKST IMANUEL PALU PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT |
Nama: LILIS KARTINA LOWO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi dari profil pemahaman konsep siswa kelas VIII A SMP GKST Imanuel Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Data yang dikumpulkan dengan cara wawancara dan pemberian tugas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa berkemampuan tinggi: (1) dapat menyatakan definisi bangun datar belah ketupat, akan tetapi tidak dapat menyatakan definisi layang-layang dan jajargenjang. (2) dapat mengelompokan bangun datar yang memiliki sumbu simetri dan yang tidak memiliki sumbu simetri. (3) dapat menyelesaikan soal cerita yang diberikan. Siswa berkemampuan matematika sedang ; (1) kurang tepat dalam menyatakan definisi belah ketupat, karena definisi yang diberikan oleh siswa adalah definisi layang-layang. (2) dapat mengelompokan bangun datar yang tidak memiliki sumbu simetri (3) dapat menerapkan rumus keliling jajargenjang, akan tetapi belum menemukan hasil akhir dari soal cerita. Siswa berkemampuan matematika rendah: (1) belum memenuhi indikator, karena subjek tidak menuliskan definisi dari layang-layang, jajargenjang dan belah ketupat. (2) Subjek dapat menegelompokan bangun datar yang memiliki sumbu simetri. (3) subjek tidap dapat menyelesaikan soal cerita. Kata Kunci : Profil, Pemahaman Konsep, Segiempat |