JudulPROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MTs AL-KHAIRAAT BULURI DALAM MEMECAHKAN MASALAH SOAL CERITA PADA MATERI BILANGAN BULAT |
Nama: NURUL HIDAYATUL LAILIYAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil berpikir kritis siswa kelas VIII A MTs Al-Khairaat Buluri dalam memecahkan masalah soal cerita pada bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas VIII A yang terdiri dari satu orang siswa berkemampuan tinggi, satu orang siswa berkemampuan sedang dan satu orang siswa berkemampuan rendah. Data dikumpulkan melalui ter tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan profil berpikir kritis siswa kelas VIII MTs Al-Khairaat Buluri dalam memecahkan masalah soal cerita pada bilangan bulat, peneliti menarik kesimpulan bahwa, profil berpikir kritis siswa yang tinggi memenuhi kriteria berpikir kritis FRISCO. Pada focus yaitu siswa mampu mengidentifikasi informasi dan permasalahan pada soal, pada reason yaitu siswa memberikan alasan-alasan yang logis, pada inference yaitu siswa menarik kesimpulan yang cocok dengan permasalahan disertai dengan alasan yang logis, pada situation yaitu siswa menggunakan semua informasi-informasi yang ada sesuai pada permasalahan, pada clarity yaitu siswa mampu menjelaskan istilahistilah yang digunakan dalam memecahkan masalah dan pada overview siswa memeriksa kembali secara menyeluruh langkah-langkah pengerjaan hingga jawaban akhir, profil berpikir kritis siswa yang sedang tidak memenuhi keseluruhan kriteria berpikir kritis FRISCO, siswa hanya memenuhi focus, reason, situation, clarity dan overview. Pada focus yaitu siswa mampu mengidentifikasi informasi dan permasalahan pada soal, pada reason yaitu siswa memberikan alasan-alasan yang logis namun cenderung singkat, pada situation yaitu siswa menggunakan semua informasi yang ada sesuai dengan permasalahan, pada clarity yaitu siswa mampu menjelaskan istilah-istilah yang digunakan dalam memecahkan masalah dan dalam overview yaitu siswa memeriksa kembali langkah-langkah pengerjaan, profil berpikir kritis siswa yang rendah tidak mampu memenuhi keseluruhan kriteria berpikir kritis FRISCO, siswa hanya memenuhi focus dan clarity. Kata Kunci : Profil Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Bilangan Bulat |