JudulProfil Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Di SMP Negeri 8 Palu |
Nama: FATMAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil berpikir kritis siswa kelas VII SMP dalam menyelesaiakn soal cerita pada materi aritmatika sosial. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga siswa kelas VII A SMP Negeri 8 Palu, yang masing-masing memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Subjek dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa siswa yang dipilih adalah siswa yang komunikatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan soal berpikir kritis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan profil berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palu dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial adalah sebagai berikut, profil berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematika tinggi (MS) meliputi, memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, kemampuan memecahkan masalah dan menyimpulkan, profil berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematika sedang (ID) meliputi, memberikan penjelasan sederhana, kemampuan memecahkan masalah dan menyimpulkan dan profil berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematika rendah (AI) hanya memberikan penjelasan sederhana. Kata kunci: Profil Berpikir Kritis, Penyelesaian Soal Cerita, Aritmatika Sosial |