Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Pemecahan Masalah Menurut Polya Materi Himpunan Siswa Kelas VIII SMP GKST Imanuel Palu Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif
Nama: MARGARETTA LISNI ALFIONITA NGGAU
Tahun: 2024
Abstrak
Margaretta, 2024. Profil Pemecahan Masalah Menurut Polya Materi Himpunan Siswa SMP GKST Immanuel Palu Kelas VII Ditinjau Dari Kognitif Reflektif Dan Impulsif. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Falkutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Sukayasa, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi dari profil pemecahan masalah menurut Polya materi himpunan siswa SMP GKST Immanuel Palu kelas VII ditinjau dari kognitif reflektif dan impulsif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP GKST Immanuel Palu kelas VII yang terdiri dari satu siswa dengan gaya kognitif reflektif dan satu siswa dengan gaya kognitif impulsif. Data dikumpulkan dengan cara pemberian tugas dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Profil pemecahan masalah subjek CG pada tahap memahami masalah yaitu: membaca masalah secara berulang, kemudian mengidentifikasi informasi-informasi yang diketahui dan ditanyakan. (2) Profil pemecahan masalah subjek CG pada tahap membuat rencana pemecahan masalah yaitu: membuat hubungan antara informasi yang ada dengan masalah yang ditanyakan dengan mengaitkan pengetahuan dan pengalaman yang telah dipelajari sebelumnya sehingga membuat rencana pemecahan masalah dengan baik. (3) Profil pemecahan masalah subjek CG pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah yaitu: menerapkan rencana yang telah dibuat kemudian melaksanakan rencana dengan konsep yang telah dipelajari sebelumnya. (4) Profil pemecahan masalah subjek CG pada tahap memeriksa kembali jawaban yaitu: memeriksa kembali setiap langkah penyelesaian dengan teliti dan melakuakan perhitungan kembali dengan memisalkan jika yang belum diketahui yang tidak membawa keduannya. (5) Profil pemecahan masalah subjek JR pada tahap memahami masalah yaitu: membutuhkan waktu yang cukup lama, siswa tidak langsung memahami masalah yang ada, membaca masalah berulang-ulang kemudian mengidentifikasi informasi-informasi yang diketahui dan ditanyakan. (6) Profil pemecahan masalah subjek JR pada tahap membuat rencana pemecahan masalah yaitu: membuat hubungan antara informasi yang ada dengan masalah yang ditanyakan dengan mengaitkan pengetahuan dan pengalaman yang telah dipelajari sebelumnya, meskipun kurang cermat. (7) Profil pemecahan masalah subjek JR pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah yaitu: menerapkan rencana yang telah dibuat sebelumnya, meskipun melakukan beberapa kesalahan yakni keliru pada saat membuat rencana pemecahan masalah . (8) Profil pemecahan masalah subjek JR pada tahap memeriksa kembali jawaban yaitu: hanya melakukan perhitungan kembali jawaban yang diperoleh namun tidak teliti sehingga tidak menyadari kesalahan dalam mengerjakan. Kata Kunci: Profil, Pemecahan Masalah, Himpunan, Gaya Kognitif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up