JudulANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII MTs DDI PARIGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN METODE NEWMAN |
Nama: MUSDALIFAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII MTs DDI Parigi dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan metode analisis kesalahan Newman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs DDI Parigi yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dengan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, ditemukan bahwa siswa kelas VIIIB MTs DDI Parigi melakukan berbagai jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi tersebut. Pertama, tidak ada siswa yang melakukan kesalahan membaca soal, karena semua siswa dapat membaca soal dengan baik. Kedua, kesalahan memahami masalah terjadi pada dua siswa, karena subjek tidak menuliskan informasi yang ada dalam soal dan tidak menuliskan apa yang ditanyakan pada soal serta tidak memisalkan harga atau sebuah item pada soal tersebut dengan variabel tertentu. Ketiga, kesalahan transformasi, tidak ada subjek yang melakukan kesalahan transformasi hal ini dapat diketahui pada saat tes tertulis dan wawancara, karena transformasi itu sendiri merupakan kemampuan mentransformasikan masalah yaitu mengubah bentul soal cerita kedalam bentuk matematika, siswa diminta menemukan metode, prosedur atau strategi apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Keempat, kesalahan keterampilan proses terjadi pada semua siswa, karena kesalahan dalam mengoperasikan soal atau melakukan perhitungan. Kelima, kesalahan penulisan jawaban terjadi pada semua siswa, karena kesalahan dalam menuliskan hasil atau tidak menuliskan hasil akhir dari jawaban. |