Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL PADA PEMBELAJARAN DARING BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 4 PALU
Nama: DINI SUPRIATI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Dini Supriati. 2021. Profil Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Kemampuan Matemetika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Drs. Muh. Hasbi, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial pada pembelajaran daring berdasarkan kemampuan matematika. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 3 siswa yaitu, siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang didasarkan pada langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ZR siswa yang mempunyai kemampuan matematika tinggi, AS siswa yang berkemampuan matematika sedang dan MR siswa berkemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah matematika aritmatika sosial adalah sebagai berikut: (1) Tahap memahami masalah, siswa ZR , siswa AS dan siswa MR memahami masalah yang diberikan dengan melakukan pembacaan berulang. Siswa ZR dan siswa AS dapat mengidentifikasi informasi yang diketahui, tetapi ZR tidak menuliskannya secara lengkap sedangkan AS tidak dapat mengidentifikasi hal ditanyakan secara lengkap. Siswa MR tidak dapat mengidentifikasi informasi yang diketahui dan ditanyakan secara lengkap, terlihat bahwa MR kurang memahami masalah yang diberikan, (2) Tahap membuat rencana pemecahan masalah, siswa ZR membuat rencana pemecahan masalah dengan rumus modal dan harga jual, siswa AS membuat rencana dengan menggunakan rumus untung dan rugi. Sedangkan MR dengan menggunakan rumus persentase penjualan, (3) Tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa ZR dengan menggunakan konsep untung atau rugi, tetapi tidak menguasai operasi hitung pembagian sehingga tidak menyelesaikan hasil akhir. Siswa AS melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan baik namun untuk mencari harga beli AS tidak tepat, serta pada tahap menghitung hasil akhir AS tidak mendapatkan hasil akhir dikarenanakan AS tidak menguasai operasi hitung pembagian. Sedangkan MR pada tahap ini dengan menggunakan rumus yang tidak tepat, dan tidak dapat menyelesaikan hasil akhir dikarenakan MR tidak menguasai operasi hitung pembagian, (4) Tahap memeriksa kembali jawaban siswa ZR, AS dan MR melakukan pemeriksaan kembali dengan melihat kembali hasil pekerjaan. Kata Kunci: Profil, Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial, Pembelajaran Daring, Kemampuan Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up