JudulPROFIL PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA SMP NEGERI 4 PALU PADA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF |
Nama: WIDYA ASTUTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Widya Astuti, 2021. Profil Pengetahuan Konseptual Siswa SMP Negeri 4 Palu pada Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Pathuddin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pengetahuan konseptual siswa SMP Negeri 4 Palu pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar ditinjau dari gaya kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 2 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif yang diambil dari 31 siswa kelas VII Kartini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Profil pengetahuan konseptual siswa dengan gaya kognitif reflektif berupa pengetahuan tentang kategori atau klasifikasi (kemampuan mengkategorikan atau mengklasifikasikan bentuk aljabar berdasarkan suku-suku sejenis), pengetahuan tentang prinsip atau generalisasi (pengetahuan tentang prinsip atau sifat-sifat operasi dalam bentuk aljabar) dan pengetahuan tentang teori, model atau struktur (kemampuan menyajikan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dalam representasi matematika atau model matematika dan pengetahuan tentang unsur-unsur dasar dalam struktur yang saling berkaitan). 2) Profil pengetahuan konseptual siswa dengan gaya kognitif impulsif berupa pengetahuan tentang kategori atau klasifikasi (kemampuan mengkategorikan atau mengklasifikasikan bentuk aljabar berdasarkan suku-suku sejenis) pengetahuan tentang model (kemampuan menyajikan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dalam representasi matematika atau model matematika). Kata kunci: Profil Pengetahuan konseptual, Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar, Gaya Kognitif |