JudulAnalisis Pemahaman Konsep Perbandingan Berbali Nilai Di Tinjau Dari Jenis Kelamin |
Nama: MEGA CENDRAKASIH PEMBEU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis pemahaman konsep perbandingan berbalik nilai ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Katolik St Paulus Palu yang berjumlah 4 orang yaitu siswa berkemampuan tinggi berjenis kelamin laki-laki LA dan berjenis kelamin perempuan FA serta siswa berkemampuan rendah berjenis kelamin laki-laki IY dan berjenis kelamin perempuan MG. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tugas dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dikelompokan berdasarkan indikator pemahaman konsep yaitu kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep, kemampuan menyajikan konsep kedalam bentuk representasi matematis, serta kemampuan untuk memilih, memanfaatkan, dan menggunakan prosedur tertentu. Siswa LA memenuhi semua indikator pemahaman konsep, siswa FA memenuhi 2 indikator, siswa IY dan MG kurang mampu memenuhi semua indikator. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa dengan jenis kelamin laki-laki lebih tinggi dibanding siswa berjenis kelamin perempuan. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Perbandingan Berbalik Nilai, Jenis Kelamin |