JudulProfil Kemampan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu |
Nama: PUTRI MARGARETH LAKALAU |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Putri Margareth Lakalau. 2021. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Skripsi, Program Studi pendidikan matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Baharuddin, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal Teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu yang terdiri dari 3 orang siswa dengan kategori berkemampuan matematika tinggi, berkemampuan matematika sedang dan berkemampuan matematika rendah yang dipilih berdasarkan pengolahan nilai raport matematika pada semester ganjil 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam pengerjaan tes matematika berupa soal essay pada tahap pertama dan kedua belum mampu memenuhi semua kriteria dan indikator berpikir kritis. Subjek hanya mampu memenuhi indikator bagian kriteria fokus (focus) yaitu indikator dapat menuliskan hal yang diketahui pada soal, dan dapat menuliskan hal yang ditanya pada soal dan indikator siswa dapat menyajikan permasalahan pada soal dalam model matematis. Siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya mampu memfokuskan dirinya pada hal yang diketahui dan ditanya saja. Siswa dengan kemampuan matematika sedang sudah mampu memenuhi hampir semua kriteria dan indikator berpikir kritis. Hanya saja pada tahap pertama dan kedua pemberian tes, subjek mengalami hal yang sama pada soal nomor 2 yaitu memahami strategi yang tepat untuk menyelesaikan soal. Sehingga subjek perlu sedikit bantuan dari peneliti untuk memberikan gambaran strategi penyelesaian soal tersebut. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi sudah mampu memenuhi semua kriteria dan indikator berpikir kritis. Subjek mampu melaksanakan rencana dengan benar, dibuktikan dengan subjek mampu memutuskan dan melaksanakan langkah pengerjaan soal dengan tepat. Subjek dengan mudah bisa menyelesaikan semua soal dan menjawab dengan benar setiap pertanyaan. Diakhir pengerjaan pun siswa dengan kemampuan mateamatika tinggi menyempatkan waktu untuk memeriksa kembali jawaban yang sudah dia kerjakan. Kata kunci: Profil Kemampuan Berpikir Kritis, Teorema Pythagoras, kemampuan matematika |