JudulANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 3 TOLITOLI PADA OPERASI HIMPUNAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA |
Nama: NOVIANTI HAERANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 3 Tolitoli pada materi operasi himpunan ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan kemampuan matematika. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 siswa yang diambil dari 32 siswa yaitu satu siswa dengan kemampuan matematika tinggi, satu siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan satu siswa dengan kemampuan matematika rendah. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Subjek dengan kemampuan matematika tinggi mencapai tiga indikator yaitu yang pertama mampu menyatakan ide-ide matematis melalui lisan dan tulisan, yang kedua mampu menginterpretasikan dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan dan tulisan, dan yang ketiga mampu menggunakan istilah-istilah, simbol-simbol matematika untuk memodelkan situasi atau permasalahan matematika. (2) Subjek dengan kemampuan matematika sedang mampu mencapai dua indikator yaitu mampu menyatakan ide-ide matematis melalui tulisan, namun kurang mampu menyatakannya secara lisan dan mampu menginterpretasikan dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan dan tulisan. (3) Subjek dengan kemampuan matematika rendah hanya mencapai satu indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu menyatakan ide-ide matematis secara tulisan namun tidak sempurna. |