JudulProfil Pemecahan Masalah Siswa SMP Negeri 1 Palasa Dalam Menyelesaikan Soal Programme For International Student Assessment (PISA) Konten Quantity |
Nama: YULVIYANA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil pemecahan masalah siswa SMP Negeri 1 Palasa dalam menyelesaikan soal PISA konten quantity. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa yang masing-masing berkemampuan tinggi dan sedang. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Pemecahan masalah pada penelitian ini mengacuh pada langkahlangkah pemecahan masalah Polya. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pada tahapan memahami masalah, siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang dapat mengidentifikasi hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada masalah yang diberikan. (2) Pada tahap membuat rencana pemecahan masalah, siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang dapat menjelaskan rencana pemecahan masalah dan menghubungkan dengan hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal sehingga menuju pada penyelesaian masalah. (3) Pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang dapat menuliskan langkah-langkah penyelesaian berdasarkan rencana pemecahan yang telah dibuat dan memperoleh hasil akhir. (4) Pada tahapan memeriksa kembali proses dan hasil penyelesaian masalah, siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang dapat menyesuaikan jawaban yang diperoleh dengan hal yang ditanyakan pada soal serta dapat membuat kesimpulan di akhir penyelesaian masalah. Kata kunci: Profil, Pemecahan masalah, PISA, Quantity, Polya |