Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII A MTs Al-Ikhlas Sipayo Dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Ditinjau Dari Kemampuan Matematika
Nama: NIZRAH
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi pemahaman matematis siswa kelas VIII A MTs Al-Ikhlas Sipayo dalam memecahkan masalah fungsi ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa yang masing-masing berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pada indikator menyatakan ulang konsep fungsi, siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang dapat menyatakan ulang konsep fungsi dengan benar. Siswa berkemampuan matematika rendah tidak mampu menyatakan ulang konsep fungsi. (2) Pada indikator mengklasifikasikan fungsi menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep fungsi, siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang dapat menyebutkan sifat fungsi dengan benar. Siswa berkemampuan rendah tidak dapat menyebutkan sifat fungsi. (3) pada indikator memberikan contoh fungsi dan bukan contoh fungsi, siswa berkemampuan matematika tinggi dapat memberikan contoh fungsi dengan benar. Siswa yang berkemampuan matematika sedang dan rendah tidak dapat memberikan contoh fungsi. (4) pada indikator menyajikan masalah fungsi dalam bentuk representasi matematis, siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah mampu menyajikan fungsi dalam bentuk representasi matematis. (5) pada indikator menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang mampu menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah tidak mampu. Kata kunci: Profil, Pemahaman matematis, Kemampuan Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up