Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII MTS AL-IZZAH AL-AS’ADIYAH TOLAI
Nama: RISWAN FIRGIAWAN
Tahun: 2022
Abstrak
Riswan Firgiawan, 2021. “Profil Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Garis Lurus Di Kelas VIII MTs Al-Izzah Al-As’adiyah Tolai”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Tegoeh S Karniman. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran tentang pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan garis lurus di kelas VIII MTs Al-Izzah Al-As’adiyah Tolai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs Al-Izzah Al-As’adiyah Tolai. Data dikumpul melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Subjek berkemampuan matematika tinggi mampu menjelaskan ulang konsep persamaan garis lurus. Subjek berkemampuan matematika tinggi mampu menyajikan bentuk representasi matematika dalam bentuk matematika dan bentuk gambar. Subjek berkemampuan matematika tinggi juga mampu memahami dan mngembangkan syarat dalam persamaan garis lurus seperti mampu menentukan gradien menggunakan titik. Subjek berkemampuan matematika tinggi juga mampu memilih rumus yang tepat serta mampu menggunakannya dengan benar (2) Subjek berkemampuan matematika sedang mampu menjelaskan ulang konsep persamaan garis lurus. Subjek berkemampuan matematika sedang mampu menyajikan persamaan garis lurus kedalam bentuk matematika namun tidak mampu menyajikan persamaan garis lurus kedalam gambar. Subjek berkemampuan matematika sedang mampu memahami dan mengembangkan syarat persamaan garis lurus yaitu menentukan gradien garis menggunakan titik yang merupakan syarat suatu persamaan garis lurus. Subjek berkemampuan matematika sedang mampu memilih dan menggunakan prosedur penyelesaian yang tepat untuk menentukan persamaan garis lurus namun ttidak mampu memilih dan menggunakan untuk menggambarkan persamaan garis tersebut. (3) Subjek berkemampuan matematika rendah mampu menjelaskan pengertian persamaan garis lurus namun tidak mampu menyatakan bentuk umum persamaan garis lurus. Subjek berkemampuan matematika rendah mampu menyajikan bentuik matematika dari persamaan garis lurus namun tidak mampu menggambarkan persamaan garis lurus. Subjek berkemampuan matematika rendah mampu menggunakan titik untuk menentukan gradien namun tidak memahami syarat untuk membentuk persamaan garis lurus. Subjek berkemampuan matematika rendah mampu memilih prosedur yang tepat namun tidak mampu menggunakan prosedur dengan tepat serta tidak mampu memilih dan menggunakan prosedur yang tepat untukmenggambarkan persamaan garis lurus. Kata Kunci: pemahaman konsep matematika, persamaan garis lurus, kemampuan matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up