JudulPROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PARIGI TENGAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR |
Nama: MUHAMMAD AKMAL |
Tahun: 2022 |
Abstrak Muhammad Akmal, 2021. “Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 1 Parigi Tengah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persegi Panjang Ditinjau dari Gaya Belajar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Tegoeh S. Karniman. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Parigi Tengah dalam menyelesaikan soal cerita persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Parigi Tengah yang bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Data dikumpul melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Subjek bergaya belajar visual mampu menuliskan dan menjelaskan secara baik semua informasi yang diperoleh dari soal. Mampu menuliskan simbol matematika dalam menuliskan informasi dan pada saat menuliskan penyelesaian dari soal. Mampu menggambarkan dan menjelaskan ilustrasi dari soal secara benar. Mampu menuliskan dan menjelaskan mengenai rumus yang ia gunakan dalam menyelesaikan soal tersebut. Ia juga mampu menuliskan dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaian yang ia gunakan hingga mendapatkan hasil yang benar dan kemudian ia juga mampu memberikan kesimpulan yang benar secara tulisan maupun lisan. (2) Subjek bergaya belajar auditorial mampu menuliskan dan menjelaskan secara baik semua informasi yang diperoleh dari soal. Mampu menuliskan simbol matematika dalam menuliskan informasi dari soal. Subjek bergaya belajar auditorial mampu menggambarkan dan menjelaskan ilustrasi dari soal secara benar. Mampu menuliskan dan menjelaskan mengenai rumus yang ia gunakan dalam menyelesaikan soal tersebut, akan tetapi ia tidak mampu menuliskan rumus tersebut ke dalam model matematika. Mampu menuliskan dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaian yang ia gunakan hingga mendapatkan hasil yang benar dan kemudian ia juga mampu memberikan kesimpulan yang benar secara tulisan maupun lisan. (3) Subjek bergaya belajar kinestetik tidak menuliskan informasi dari soal namun mampu menjelaskan semua informasi yang diperoleh dari soal. Ia mampu menggambarkan dan menjelaskan ilustrasi dari soal secara benar. Mampu menuliskan dan menjelaskan mengenai rumus yang ia gunakan dalam menyelesaikan soal tersebut, akan tetapi ia tidak dapat menuliskan rumus tersebut ke dalam model matematika, serta ia tidak dapat menuliskan simbol dalam langkah-langkah penyelesaiannya. Mampu menuliskan dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaian yang ia gunakan hingga mendapatkan hasil yang benar. Tetapi, ia tidak memberikan kesimpulan secara tulisan maupun lisan. Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, soal cerita persegi panjang, gaya belajar |