JudulANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN NEWMAN DI SMP NEGERI 4 PALU |
Nama: MASNIAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial berdasarkan analisis kesalahan Newman. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yaitu deskripsi tentang jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial berdasarkan Newman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Sis Aljufri SMP Negeri 4 Palu yang berjumlah 3 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial kelas VII Sis Aljufri adalah 1) kesalahan membaca (reading errors), yakni siswa tidak mampu mengenal kata kunci yang terdapat pada soal. 2) Kesalahan memahami masalah (comprehension errors), yakni siswa tidak mengetahui apa saja yang diketahui dengan lengkap, belum mampu menjelaskan diketahui dengan menggunakan kalimat sendiri, dan tidak mampu memahami apa yang ditanyakan sesuai dengan permintaan soal. 3) Kesalahan transformasi (transformation errors), yakni siswa tidak mengetahui rumus yang akan digunakan dan tidak mampu menentukan rumus yang tepat dalam menyelesaikan soal. 4) Kesalahan keterampilan proses (process skills errors), yakni siswa tidak mengetahui prosedur atau langkah-langkah yang benar untuk menyelesaikan soal, dan salah dalam melakukan proses perhitungan yaitu dalam mengoperasikan bilangan. 5) Kesalahan penulisan jawaban (enconding errors) yakni siswa tidak mampu menunjukkan jawaban akhir dari penyelesaian soal, tidak mampu menuliskan dan menjelaskan jawaban akhir sesuai dengan kesimpulan yang dimaksud soal. |