JudulProfil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Optimalisasi Ditinjau Dari Kemampuan Matematika |
Nama: ZULKIFLI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Zulkifli, 2021. “Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Optimalisasi Ditinjau dari Kemampuan Matematika”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Tegoeh S Karniman. Penelitian ini bertujuan untuk memporoleh deskripsi atau gambaran tentang kemampuan koneksi matematis siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kasimbar pada materi optimalisasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kasimbar yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi yaitu HD dapat menggunakan hubungan antar konsep matematika pada masalah yang akan diselesaikan, dapat menggunakan keterkaitan konsep dengan prosedur dan operasi hitung dalam menyelesaikan masalah di luar matematika serta dapat mangaplikasikan konsep matematika ke dalam bidang studi lain. Tetapi tidak dapat mengenali bidang studi lain yang berkaitan dengan masalah yang diberikan serta tidak dapat menemukan semua konsep dan keterkaitan antar konsep-konsep matematika dalam menyelesaikan masalah. Subjek berkemampuan matematika sedang yaitu MU dapat menggunakan hubungan antar konsep matematika pada masalah yang akan diselesaikan, dapat menggunakan keterkaitan konsep dengan prosedur dan operasi hitung dalam menyelesaikan masalah di luar matematika serta dapat mangaplikasikan konsep matematika ke dalam bidang studi lain. Tetapi tidak dapat mengenali bidang studi lain yang berkaitan dengan masalah yang diberikan serta tidak dapat menemukan konsep-konsep dan keterkaitan antar konsep-konsep matematika dalam menyelesaikan masalah. Karena subjek berkemampuan matematika sedang tidak dapat mengungkapkan konsep matematika yang digunakan dalam menyelesaikan masalah tersebut dan keterkaitan konsep-konsep matematika tersebut. Subjek berkemampuan matematika rendah yaitu RY dapat mangaplikasikan konsep matematika ke dalam bidang studi lain. Subjek berkemampuan matematika rendah tidak dapat mengenali bidang studi lain yang berkaitan dengan masalah yang diberikan tetapi, tidak dapat menggunakan hubungan antar konsep matematika pada masalah yang akan diselesaikan, tidak dapat menggunakan keterkaitan konsep dengan prosedur dan operasi hitung dalam menyelesaikan masalah di luar matematika serta tidak dapat menemukan keterkaitan antar konsep-konsep matematika dalam menyelesaikan masalah. Karena subjek berkemampuan matematika rendah tidak dapat menyelesaikan masalah yang diberikan. Kata Kunci : Kemampuan Koneksi Matematis, Optimalisasi, Tingkat Kemampuan Matematika |