Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Antara Berfikir Geometri Menurut Van Hiele Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Palu
Nama: NUR ISLAMIAH
Tahun: 2021
Abstrak
Nur Islamiah. 2021. Hubungan Antara Berfikir Geometri Menurut Van Hiele dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dra. Evie Awuy, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara berfikir geometri menurut Van Hiele dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 34 orang. Hubungan antara berfikir geometri secara nyata berhubungan positif dengan hasil belajar matematika melalui regresi: . Konsekuansi peningkatan pada variabel X akan diiringi secara linear oleh peningkatan hasil Y. Berdasarkan hasil analisis korelasi berfikir geometri menurut Van Hiele dengan hasil belajar matematika, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,659. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukan hubungan yang signifikan antara berfikir geometri menurut Van Hiele dan hasil belajar matematika dengan 1,690 untuk ( dengan maka terima (terdapat hubungan yang positif antara berfikir geometri dengan hasil belajar matematika) dan tolak (tidak terdapat hubungan antara berfikir geometri dengan hasil belajar matematika). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan “Terdapat Hubungan antara Berfikir Geometri menurut Van Hiele dan Hasil Belajar Matematika” memiliki hubungan positif yang signifikan. Kata kunci: Berfikir Geometri, Van Hiele, Hasil Belajar Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up