Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Di SMP Negeri 12 Palu
Nama: MILA RAHMA RIZKYANI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Mila Rahma Rizkyani, 2022. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Di SMP Negeri 12 Palu”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dasa Ismaimuza Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial di SMP Negeri 12 Palu dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Data dikumpulkan dengan cara metode tugas tertulis dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesalahan konseptual yang dilakukan oleh siswa yaitu: (1) kesalahan dalam menggunakan rumus, ditunjukkan subjek menuliskan rumus yang salah atau tidak tepat yakni rumus mencari untung. (2) Kesalahan tidak melanjutkan jawaban, ditunjukkan subjek hanya menuliskan rumus namun tidak melanjutkan jawabannya. (3) Kesalahan tidak menuliskan rumus, ditunjukkan subjek tidak menuliskan rumus persentase keuntungan dan persentase kerugian. Kesalahan prosedural yang dilakukan siswa yaitu: (1) kesalahan tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal, ditunjukkan subjek tidak menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. (2) Tidak menuliskan hasil akhir, ditunjukkan subjek tidak menuliskan hasil akhir dari operasi pengurangan sehingga menuliskan jawaban yang tidak lengkap. Adapun faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial yaitu: (1) Siswa lupa dengan rumus untuk menyelesaikan masalah dalam aritmatika sosial, (2) Siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal, (3) Pengetahuan prasyarat yang dimiliki siswa belum cukup atau kurang, (4) Siswa tidak memahami konsep rumus persentase keuntungan maupun kerugian, (5) Keterampilan yang dimiliki oleh siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial masih kurang, dan (6) Siswa terburu-buru menjawab soal sehingga lupa menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Aritmatika Sosial, Kesalahan Konseptual, Kesalahan Prosedural.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up