JudulProfil Pemecahan Masalah Keliling Dan Luas Lingkaran Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Tinombo Ditinjau Dari Kemampuan Awal |
Nama: MOH. ZIDAN H.L |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Moh. Zidan H.L. 2024. “Profil Pemecahan Masalah Keliling dan Luas Lingkaran Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Tinombo Ditinjau dari Kemampuan Awal”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mustamin Idris Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil pemecahan masalah keliling dan luas lingkaran siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tinombo ditinjau dari kemampuan awal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif berdasarkan langkah pemecahan masalah dari Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemecahan masalah keliling dan luas lingkaran pada siswa yang memiliki: (1) kemampuan awal tinggi: a) memahami masalah, pada tahap ini siswa dapat mengidentifikasi hal yang diketahui dengan kalimat pernyataan dan hal yang ditanyakan dengan kalimat pertanyaan. b) merencanakan pemecahan masalah, pada tahap ini siswa merencanakan pemecahan masalah keliling dan luas lingkaran dengan baik. c) melaksanakan rencana pemecahan masalah, pada tahap ini siswa dapat dapat menerapkan strategi-strategi pemecahan masalah dengan tepat berdasarkan penguasaan konsep lingkaran dan ketelitiannya untuk menemukan solusi dari masalah yang diberikan dan siswa melaksanakan sesuai yang direncanakan. d) memeriksa kembali jawaban, pada tahap ini siswa mengecek langkah per langkah hasil pekerjaannya dan melakukan perhitungan ulang dari hasil yang diperoleh. (2) kemampuan awal sedang: a) memahami masalah, pada tahap ini siswa dapat mengidentifikasi hal yang diketahui dengan kalimat pernyataan dan hal yang ditanyakan dengan kalimat pertanyaan. b) merencanakan pemecahan masalah, pada tahap ini siswa merencanakan pemecahan masalah keliling dan luas lingkaran dengan baik. c) melaksanakan rencana pemecahan masalah, pada tahap ini siswa melaksanakan sesuai yang direncanakan dan menemukan solusi dari masalah yang diberikan. d) memeriksa kembali jawaban, pada tahap ini siswa melakukan pemeriksaan kembali dengan cara hanya mengecek langkah perlangkah hasil pekerjaan tersebut. (3) kemampuan awal rendah: a) memahami masalah, pada tahap ini siswa dapat menyebutkan hal yang diketahui dan ditanyakan namun tidak dapat memahami semua informasi dari masalah yang diberikan. b) merencanakan pemecahan masalah, pada tahap ini siswa tidak mampu menentukan cara atau strategi untuk memecahkan masalah. c) melaksanakan rencana pemecahan masalah, pada tahap ini siswa tidak dapat menyelesaikan masalah yang diberikan karena memiliki jawaban akhir yang salah karena tidak tepat dalam menggunakan informasi berupa hal yang diketahui sehingga siswa kesulitan untuk menemukan solusi dari masalah. d) memeriksa kembali jawaban, pada tahap ini siswa tidak dapat memeriksa kembali jawaban. Kata Kunci: Profil Pemecahan Masalah, Masalah Keliling dan Luas Lingkaran, Pemecahan Masalah Polya |