JudulANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 5 MODEL PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI INVERS BERDASARKAN FONG’S SCHEMATIC MODEL FOR ERROR ANALYSIS |
Nama: SUYANA SYAMSU ALAM |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kesalahan siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 5 Model Palu dalam menyelesaikan soal fungsi invers berdasarkan Fong’s schematic model for error analysis. Metode untuk menganalisis kesalahan siswa dalam penelitian ini adalah metode Fong’s schematic model for error analysis. Fong mengklasifikasikan kesalahan siswa menjadi dua tingkat. Pada tingkat pertama yaitu dalam hal pendekatan skema yang terdiri dari: (E1) tidak ada solusi, (E2) menggunakan prosedur yang tidak relevan, (E3) skema tidak lengkap tanpa kesalahan, (E4) skema tidak lengkap dengan kesalahan, dan (E5) skema lengkap dengan kesalahan. Pada tingkat kedua, yaitu berdasarkan pengetahuan matematika, yakni: (F1) bahasa, (F2) operasional matematika, dan (F3) tema matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 5 Model Palu menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tugas tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 5 Model Palu dalam menyelesaikan soal fungsi invers berdasarkan Fong’s schematic model for error analysis tingkat 1 siswa melakukan kesalahan kategori E1, E2, dan E4. Adapun pada tingkat 2, siswa melakukan kesalahan kategori F1, F2 dan F3. Kata kunci: Kesalahan, Fungsi Invers, Fong’s schematic model for error analysis |