JudulANALISIS KETERAMPILAN GEOMETRI SISWA SMP IT QURROTA A'YUN PALU BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR VAN HIELE |
Nama: SITI NUR JANAH T.H. ROMU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan geometri siswa SMP IT Qurrota A’yun Palu berdasarkan tingkat berpikir van Hiele. Subjek penelitian ini terdiri atas 2 orang siswa dengan kemampuan berpikir geometri level 0 (visualisasi) dan level 1 (analisis) menurut van Hiele. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes tertulis, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa dengan kemampuan berpikir geometri level 0 (visualisasi) mampu memenuhi dua dari empat indikator keterampilan visual, mampu memenuhi dua dari enam indikator keterampilan verbal, mampu memenuhi dua dari empat indikator keterampilan menggambar, mampu memenuhi dua dari empat indikator keterampilan logika, dan mampu memenuhi empat indikator keterampilan terapan. (2) Siswa dengan kemampuan berpikir geometri level 1 (analisis) mampu memenuhi dua dari empat indikator keterampilan visual, mampu memenuhi tiga dari enam indikator keterampilan verbal, mampu memenuhi empat indikator keterampilan menggambar, mampu memenuhi tiga dari empat indikator keterampilan logika, dan mampu memenuhi empat indikator keterampilan terapan. |